Friday 24 November 2017

Hukum Saham Forex Jual Beli


25 de julho de 2011 por Abu Muawiah Hukum Jual Beli Saham Tanya: Bismillah, ustadz, bagaimanakah hukum jual beli saham seperti yang ada di BEJ. halal atau haramkah jazzakallahukhoir abu ihsan jokotm02yahoo. co. id Jawab: Perkembangan metode Hidup UMAT manusia pada Zaman sekarang telah membawa berbagai modelo perniagaan dan usaha, dan di antara modelo perniagaan yang telah memasyarakat ialah jual beli Saham. Dan sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa hukum asal setiap perniagaan ialah halal dan dibolehkan, maka hukum asal inipun berlaku pada permasalahan yang sedang menjadi topik pembahasan kita ini, yaitu jual beli saham. Hanya saja pada praktiknya, terdapat banyak hal yang harus diperhatikan olear orang yang hendak memperjualbelikan saham suatu perusahaan. Berikut, saya ringkaskan berbagai persyaratan yang telah dijelaskan Oleh parágrafo ulama bagi orang yang hendak memperjualbelikan Saham Suatu Perusahaan: 1. Perusahaan yang mengeluarkan Saham tersebut adalah Perusahaan yang telah beroperasi, baik Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi, atau jasa atau penambangan atau Mistos. Saham perusahaan semacam ini boleh diperjualbelikan dengan harga yang disepakati antara kedua belah pihak, bangu dengan harga yang sama dengan nilai saham yang tertera pada surat saham atau lebih sedikit atau lebih banyak. Adapun Perusahaan yang Sedang dirintis, sehingga Perusahaan tersebut Belum beroprasi, dan kekayaannya masih dalam wujud dana (uang) yang tersimpan, maka sahamnya tidak Boleh diperjualbelikan, kecuali dengan harga yang sama dengan Nilai yang tertera pada Surat Saham tersebut dan dengan pembayaran dilakukan dengan Cara kontan . Hal ini dikarenakan, setiap surat saham perusahaan jenis em mewakili sejumlah uang modal yang masih tersimpan, dan bukan aset. Sealingga bila diperjualbelikan lebih mahal dari nilai yang tertera pada surat saham, berati telah terjadi praktek riba. 2. Perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut bergerak dalam usaha yang dihalalkan oleário syariat, dan tidak menjalankan usaha haram walau hanya sebagian kecil dari kegiatan perusahaan. Sebab, pamilik saham-seberapapun besarnya - adalah pemilik perusahaan tersebut, sehingga ia ikut bertanggung jawab atenas setiap usaha yang dijalankan oleh perusahan tersebut. Hal ini berdasarkan firman Deus Ta8217ala,. : 2 8220Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.8221 (Qs al-Maidah: 2) 3. Perusahaan tersebut tidak melakukan praktik riba, baik dalam cara pembiayaan atau penyimpanan kekayaannya atau lainnya. Bila suatu perusahaan dalam pembiayaan, atau penyimpanan kekayaannya dengana riba, maka tidak dibenarkan bagi seorang muçulmanos untuk membeli saham perusahaan tersebut. Walaupun kekayaan dan keuntungan perusahaan tersebut diperoleh dari usaha yang halal, akan tetapi telah dicampuri oleh riba yang ia peroleh dari metode pembiayaan atau penyimpanan tersebut. Sebagai contoh, misalnya Suatu Perusahaan yang bergerak bidang dalam produksi perabotan rumah Tangga, akan tetapi kekayaan Perusahaan tersebut ditabungkan di banco atau modalnya diperoleh dari berhutang kepada banco dengan bunga tertentu, menjual sebagian Saham perusahaannya, maka tidak dibenarkan bagi seorang muçulmanos untuk membeli Saham Perusahaan tersebut . Hal ini Selaras dengan kaidah dalam ilmu fiqih, 8220Bila tercampur Antara hal yang halal dengan hal yang haram, maka Lebih dikuatkan yang haram.8221 (Al-Mantsur Fi al-Qawa8217id Oleh Az Zarkasyi, 1/50 dan Al-Asybah wa an-Nazhoir Jalaluddin As Suyuthy, 105). Berikut beberapa fatwa Komite Tetap untuk Riset Ilmiyyah dan Fatwa Kerajaan Arábia Saudita dan Badan Fiqih Islam di Bawah Organisasi Rabithah Alam Islami tentang hukum jual beli Saham: Pertanyaan: Apa hukum syariat yang lurus ini tentang jual beli Saham Perusahaan, misalnya Perusahaan Angkutan umum, Perusahaan sémen Qasim, Perusahaan ikan As-Saudiah dan Perusahaan-Perusahaan Mistos yang telah dibuka Oleh negara guna kemanfaatan bangsa dan rakyat Dan apa hukumnya memperjualbelikan Saham-Saham tersebut secara kontan Dan bila dibolehkan, maka apa hukumnya memperjualbelikannya dengan Cara kredit, misalnya seseorang ingin membeli Seribu ( 1.000) lembar saham dengan harga SR 160.000, - (serato enam puluh ribu reial), dan ia membayar SR 100.000, - secara kontan, sedangkan sisanya, yaitu SR 60.000, - (enam puluh ribu reial) akan dibayar dengan cicilan setiap bulan, selama satu tahun, apakah transaksi ini dibolehkan Jawaban: Bila Saham-Saham tersebut tidak mewakili uang tunai, baik secara keseluruhan atau kebanyakannya, tetapi akan mewakili aset berupa Tanah, atau kendaraan atau properti dan yang serupa, dan aset tersebut telah diketahui Oleh Masing-Masing penjual ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Wabillahit taufiq, dan semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Muhammad Nabi, keluarga dan sahabatnya (Majmu8217 Fatawa al-Lajnah ad-Da8217imah 13/321, fatwa n ° 5149). Pertanyaan: Tidak asing lagi bagi Anda, bahwa UMAT Islam pada masa sekarang ini telah banyak tergoda Oleh harta kekayaan, terutama di negeri ini - semoga Allah senantiasa menjaganya dari segala petaka - dimana Perusahaan-Perusahaan umum / publik yang menjual sahamnya telah banyak. Demikian juga, orang, yang, ikut andil, menanamkan, modal, padanya, banyak, pula. Dan kebanyakan mereka tidak mengetahui, apaká menanamkan modal padanya haram atau halal. Oleh karenanya, kami mohon fatwa de Anda, semoga Allah membalas kebaikan Anda. Informação do membro do banco de dados, bahwa perusahaan-perusahaan ini ada yang bergerak dalam bidang product, layanan umum, perniagaan, misalnya: perusahaan transportasi, atau perusahaan semen dan lainnya. Akan tetapi, perusahaan-perusahaan tersebut menyimpan hasil keuntungannya di banco de banco, dan mereka mendapatkan bunga darinya, dan bunga tersebut dianggap sebagai bagiano dari keuntungan, yang kemudiano pada gilirannya mereka membaginya kepada para nasabah (pemilik saham). Kami mengalami kebingungan dalam inin de hal, karenanya kami mengharapkan fatwa dari Anda. Semoga Allah membalas jasa Anda dengan kebaikan. Jawaban: Pertama: Menabungkan uang de banco dengan bunga adalah haram hukumnya. Palavras-chave: Perusahaan-perusahaan yang menabungkan uangnya de banco bunga dengan, tidak dibolehkan bagi orang yang mengetahuinya untuk ikut andil menanam saham padanya. Wabillahit taufiq, dan semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Muhammad Nabi, keluarga dan sahabatnya (Majmu8217 Fatawa al-Lajnah ad-Da8217imah, 13/409, fatwa n ° 7074). Pertanyaan: Apakah boleh ikut serta menanam modal pada Perusahaan-Perusahaan dan Badan usaha yang menjual sahamnya secara terbuka ke Masyarakat, sedangkan kami merasa curiga bahwa Perusahaan-Perusahaan atau Badan usaha-Badan usaha tersebut melakukan praktik riba dalam berbagai transaksinya, sedangkan kami Belum MAMPU untuk Membuktikannya Perlu diketahui, bahwa, kami juga, tidak, mampu untuk membuktikannya, kami hanya mendengar, hal itu dari pembicaraan orang lain. Jawaban: Perusahaan atau badan usaha yang tidak menjalankan praktik riba, tidak juga hal haram lainnya, boleh untuk ikut serta menanamkan saham padanya. Adapun perusahaan yang menjalankan praktik riba atau suatu transaksi haram lainnya, maka haram untuk ikut andil menanam saham padanya. Dan bila seorang muçulmanos meragukan perihal Suatu Perusahaan, maka yang Lebih selamat ialah dengan tidak ikut menanam Saham padanya, sebagai penerapan terhadap Hadits berikut, 8220Tinggalkanlah Suatu yang meragukanmu menuju kepada hal yang tidak meragukanmu.8221 (Hadits shahih riwayat Imam Ahmad, An-Nasa8217i, At-Tirmidzy, dan lain-lain). Dan sabda Nabi, o alaihi de Allah, o sádado de Deus, o siapa de Allah, o filho de Deus, o filho de Deus e o homem de Deus. Wabillahit taufiq, dan semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Muhammad Nabi, keluarga dan sahabatnya (Majmu8217 Fatawa al-Lajnah ad-Da8217imah 14/310, fatwa n ° 6823). Pertanyaan: Apa hukumnya menanam Saham di Perusahaan dan banco Dan apakah boleh bagi seorang penanam modal pada Suatu Perusahaan atau banco untuk menjual Saham miliknya seusai ia menanamkannya di kantor-kantor penjualan dan pembelian Saham, yang amat dimungkinkan harga jualnya melebihi harga Saham pada saat ia menanamkannya Dan apa hukum keuntungan yang didapat Oleh pemegang Saham pada setiap tahun dari keseluruhan Saham yang ia Miliki Jawaban: Menanamkan modal di banco atau Perusahaan yang bertransaksi dengan Cara riba tidak boleh, dan bila penanam modal hendak melepaskan dirinya dari keikutsertaannya dalam Perusahaan riba tersebut, maka hendaknya Ia melelang sahamnya dengan harga yang berlaku di passar modal, kemudian dari hasil penjualannya ia hanya mengambil modais asalnya, sedan sânscrito ia isakkan di berbagai jalan kebaikan. Tidak halal baginya untuk, mengambil, sedikitpun dari, bunga, atau, keuntungan sahamnya. Adapun menanamkan modal di perusahaan yang tidak menjalankan transaksi riba, maka keuntungan yang ia peroleh adalah halal. Wabillahit taufiq, dan semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Muhammad Nabi, keluarga dan sahabatnya (Majmu8217 Fatawa al-Lajnah ad-Da8217imah, 13/508, fatwa n ° 8996). Fatwa al-Majma8217 al-Fiqhy al-Islami (Badan Fiqih Islam) de bawah Organisasi Rabithah Alam Islami. Segala puji hanya milik Deus, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi yang tiada nabi setelahnya, yaitu pemimpin kita sekaligus nabi kita Muhammad, dan kelada, dan sahabatnya. Amma ba8217du: Sesungguhnya anggota rapat Al-Majma8217 al-Fiqhy di bawah Rabithah Alam Islami pada rapatnya ke-14, yang diadakan di kota Makah al-Mukarramah, dan dimulai dari hari Sabtu tanggal 20 Sya8217ban 1415 H yang bertepatan dengan tanggal 21 de janeiro de 1995 M , telah membahas permasalahan ini (jual beli Saham Perusahaan-pen) dan kemudian menghasilkan keputusan berikut: 1. Karena hukum dasar dalam perniagaan adalam halal mubah dan, maka mendirikan Suatu Perusahaan publik yang bertujuan dan bergerak dalam hal yang mubah adalah dibolehkan menurut syariat. 2. Tidak diperselisihkan akan keharaman ikut serta menanam saham pada perusahaan-perusahaan yang tujuan utamanya diharamkan, misalnya bergerak dalam transaksi riba, atau memproduksi barang-barang haram, atau memperdagangkannya. 3. Tidak dibolehkan bagi seorang muslim untuk membeli saham perusahaan atau badan usaha yang pada sebagian usahanya menjalankan praktik riba, sedangkan ia (pembeli) mengetahui akan hal itu. 4. Bila ada seseorang yang terlanjur membeli saham suatu perusahaan, sedangkan ia tidak mengetahui bahwa perusahaan tersebut menjalankan transaksi riba, lalu dikemudian hari ia mengetahui hal tersebut, maka ia wajib untuk keluar dari perusahaan tersebut. Keharaman membeli saha perusahaan tersebut telah jelas, berdasarkan keumuman dalil-dalil al-Quran dan como-Sunnah yang mengharamkan riba. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,. Yang demikian itu karena saham, merupakan bagian, dari modal perusahaan, sehingga pemiliknya ikut memiliki sebagian dari aset perusahaan. Sehingga seluruh harta eang dipiutangkan oleh perusahaan dengan mewajibkan bunga atau yang harta dihutang oleh perusahaan dengan ketentuano membayar bunga, maka pemilik sahh tamhh memiliki bagian dan andil darinya. Hal ini disebabkan orang-orang (pelaksana Perusahaan-pen) yang menghutangkan atau menerima piutang dengan ketentuan membayar bunga, sebenarnya adalah perwakilan dari pemilik Saham, dan mewakilkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang diharamkan hukumnya tidak boleh. Semoga shalawat dan salam yang berlimpah senântica dikaruniakan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Dan segala puji hanya milik Deus, Tuhan semesta Alam (Kumpulan Keputusan-keputusan Al-Majma8217 al-Fiqhy al-Islamy, yang bermarkaskan di kota Makkah Al Mukarramah, hal. 297, rapat ke-14, keputusan n ° 4). Termos de pesquisa de entrada: jual dan beli yg halal Compartilhe e aproveite: Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang (AL-SHARF) Pertaniyaan yang pasti ditanyakan oleiro setiap trader di Indonesia. 1. Apakah negociação Forex Haram 2. Apakah negociação Forex Halal 3. Apakah Trading Forex diperbolehkan dalam Agama Islão 4. Apakah SWAP itu Mari kita bahas dengan artikel yang pertama. Forex Dalam Hukum Islã Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islão, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhan / komoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu uang yang-Masing Masing negara mempunyai ketentuan Sendiri dan berbeda satu sama Mistos sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN Nilai MATA uang antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negar lainnya ini berubah (berluktuasi) setiap saat sesuai volume permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan dan penawil inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul. --- gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Um penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pe Mbeli dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan tindakantindakan hukum (dewasa dan berpikiran Sehat) 2. Memenuhi syarat menjadi objek transaksi yaitu jual-beli: Suci barangnya (najis bukan) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterima kan Jelas Barang dan harganya Dijual (dibeli) Oleh Pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada dizangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. Jangan kamu membeli ikan dalam ar, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Masud) Jual beli barang yang tidak di diaturat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifatsifatnya atau ciri-cirinya. Kemudiano jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai, maka, pembeli, mempunyai, hak, khiyar, artinya, boleh, meneruskan, atau, membatalkan, jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya. Jual beli Hasil tanam yang terpendam masih, ketela seperti, kentang, Bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, Karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan Semua Hasil Tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islã: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkus / tertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etiqueta yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Mengenai teks kaidah hukum Islão tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al-Asbah al-Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. JUAL BELI VALUTA ASSISTENTE DAN SAHAM Yang dimksud dengan valga asing adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, sterling inggris, ringgit Malásia dan sebagainya. Apabila antara negara terjadi perdagangan internasional maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan disebut devisa. Misalnya eksportir Indonésia Azerbaijão Azerbaijão Azerbaijão Azerbaijão Pedido de Propostas Aviso de pré - Dengan demikian akan timbul pena de perminataan di bursa valuta asing. Setiap, negara, berwenang, penuh, menetapkan, kurs, uangnya, masing-masing (kurs, adalah, perbandingan, nilai, uangnya, terhadap, mata uang, asing), misalnya 1 dolar Amerika Rp. 12.000. Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi negara masing-masing. Kurs Pencatatan uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta asing (AWJ Tupanno, et al Ekonomi dan Koperasi, Jacarta, Depdikbud 1982, hal 76-77..) fatwa MUI TENTANG PERDAGANGAN Valas Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonésia Nenhuma: 28 / DSN-MUI / III / 2002 tentáculo Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf) a. Bahwa dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan transaksi jual-beli mata uang (al-sharf), baik antar mata uang sejenis maupun antar mata uang berlainan jenis. B. Bahwa dalam urf tijari (tradição perdagangan) transaksi jual beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang estado hukumnya dalam pandangan ajaran islão berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. C. Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran islam, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk dijadikan pedoman. 1. Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275:. Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. 2. Hadis nabi riwayat al-Baihaqi dan Ibnu Majah dari Abu Said al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya jual beli itu hanya Boleh dilakukan atas dasar kerelaan (antara kedua Belah pihak) (HR albaihaqi dan Ibnu Majah, dan dinilai shahih Oleh. Ibnu Hibban). 3. Hadis Nabi Riwayat muçulmano, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibn Majah, teks dengan muçulmana dari Ubadah bin Shamit, Nabi viu bersabda: (Juallah) emas dengan emas, perak dengan perak, Gandum dengan Gandum, syair dengan syair, kurma Dengan kurma, garam dengan garam (denga syarat harus) sama dan sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai .. 4. Hadis Nabi riwayat muçulmana, Tirmidzi, Nasai, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Umar bin Khattab, Nabi viu bersabda: (Jual-beli) emas dengan perak adalah Riba kecuali (dilakukan) secara tunai. 5. Hadis Nabi riwayat muçulmana dari Abu Said al-Khudri, Nabi viu bersabda: Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang deitado janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) dan janganlah sebagaian menambahkan Atas sebagian yang lain dan janganlah menjual emas perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai. 6. Hadis Nabi riwayat Muçulmano dari Bara bin Azib dan Zaid bin Arqam. Rasulullah viu melarang menjual perak dengan emas secara piutang (tidak tunai). 7. Hadis Nabi riwayat Tirmidzi dari Amr bin Auf: Perjanjian dapat dilakukan di antara kaum Muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang atau halal menghalalkan yang haram dan kaum Muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang atau halal menghalalkan yang haram. 8. Ijma. Ulama sepakat (ijma) bahwa akad al-sharf disyariatkan denga syarat-syarat tertentu 1. Surat dari pimpinah Unidade Usaha Syariah Banco BNI no. UUS / 2/878 2. Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syariah Nasional pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H / 28 de março de 2002. Dewan Syariah Nasional Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELÍ MATA UANG (AL-SHARF). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengue ketentuan sebagai berikut: 1. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan). 2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan). 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama e secara tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan jenis maka, harus, dilakukan, dengan, nilai, tukar (kurs), yang, berlaku, pada saat transaksi dan secara tunai. Kedua. Jenis-Jenis transaksi Valuta Asing 1. Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valuta asing untuk penyerahan pada saat itu (over the counter) atau penyelesaiannya empalidecendo lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan transaksi internasional. 2. Transaksi FRENTE, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2x24 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, Karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan (muwaadah) dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut Belum tentu sama dengan Nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk frente acordo untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari (lil Hajah) 3. Transaksi SWAP yetu suatu kontrak pembeliano atau penjualan valas dengan harga mancha yang dikombinasikan dengan pembeliano antara penjualan valas yang sama dengan harga para a frente. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. TRANSAKSI OPÇÃO Yayu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unidade valuta asing pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Ketiga Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengue ketentuan jika de kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jacarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H / 28 Maret 2002 m DEWAN Syariah Nasional - Majelis Ulama INDONESIAHukum Labur amp Berniaga Forex (Forex Trading) Zaharuddin Abd Rahman Saya ingin minta pihak Ustaz untuk menerangkan tentang pelaburan tukaran matawang asing dan juga perniagaan Forex. Bagaimana, pula, jaka, saya, melakukan, transaksi, sendiri, dengan, berbekalkan, analise, sendiri, atau, yang, disney, e, outro, corretor, dengan, melayari, internet. Kemudian memperolehi untung dari jualan dan belian matawang asing ini. Terima kasih Bagi Menjawab soalan ini, e um peru memahami dua jenis perkara iaitu: - 1 - Melabur wang ringgit anda ke dalam satu syarikat yang memperolehi untung melalui FOREX. 2- Melantik satu platform atau syarikat untuk menjalankan jual beli wang asing dan simpan. Semua transaksi dijalankan oleh anda sendiri, syarikat hanya menyediakan plataforma dan mengambil upah perkhidmatan sahaja. Pertama. Hukum bagi melabur dalam Syarikat yang FOREX menjalankan: Forex (Foreign Exchange) atau yang Lebih dikenal dengan Perdagangan Mata wang Asing Ia merupakan Suatu Jenis perdagangan / transaksi yang memperdagangkan matawang Suatu negara terhadap matawang negara Mistos yang melibatkan pasar-pasar matawang utama di dunia Selama 24 Geléia secara berterusan. Benar, memang FOREX matawang adalah diharuskan, tetapi keharusannya tertakluk kepada sejauh mana ia menurut garis panduan yang dikeluarkan dari hadith Nabi yang sohih. Iaitu: - um - Ditukar (serah dan terima) dalam waktu yang sama ia disebut dalam hadis sebagai yadan bi yadin. Dalam bahasa inggerisnya adalah sobre a base do local. Ia datang banyak hadis antara yang paling utama adalah:. . . . . . . . . Ertinya. Emas dengan Emas (ditukar atau diniagakan). perak dengan perak, Gandum dengan Gandum, tamar dengan tamar, garam dengan garam mestilah sama timbangan dan sukatannya, dan ditukar secara terus (pada satu masa) Jenis dan sekiranya berlainan, maka berjual-belilah kamu sebagaimana yang disukai (Riwayat Muslim, no 4039 não Hadith, 11/9). B - Nabi bersabda: - Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran Antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan secara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat muçulmano, nenhum 1586, 3/1209) c - Manakala pembelian secara Hutang dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya . Rasulullah s. a.w melarang dari menjual emas dan perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, n ° 2070, 2/762) Hadis-hadis di atas menyebut perihal displin Islã dalam pertukaran emas dan perak. Um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados, um banco de dados e um banco de dados. Seus dados se referem a uma transação de syarat e de um melodias de melanias em um perak juga de TERPAKAI pada urusan transaksi matwang. Demikian keputusan Majlis Fiqh Antrabangsa dan juga Majlis Kewangan Islão Antarabangsa di bawah AAOIFI. FOREX dalam matawang yang diuruskan Oleh Syarikat konvensional sudah pasti tidak akan menjaga syarat ini kerana kebanyakan FOREX yang dijalankan Oleh institusi Konvensional adalah lsquoForward FOREX atau Forex yang menggunakan lsquoValue frente (Nilai masa hadapan) yang tergolong dalam Riba Nasiah. Mereka juga kerap menggunakan SWAP, Opções de lain-lain instrumento yang tidak halal di sisi Shariah. Instrumen-instrumen tadi tidak memenuhi syarat Islam iaitu serah terima atau disebut qabadh dalam islam secara benar hakiki atau hukmi pada waktu yang sama. Masalah dalam implementasi FOREX adalá bertangguh dalam penyerahan dari kedua-dua pihak. Tatkala itu aqad menjadi batal (Radd al-Muhtar ala ad-durr, 4/531). Tidak saya nafikan, bahawa terdapat sesetengah Institusi Kewangan Islam yang melakukan forex ini setelah mendapatkan kelulusan Majlis Penasihat Shariah mereka, Namun Semua mereka hanya terlibat dalam FOREX Jenis SPOT dan bukannya Jenis lsquoForward jika adapun Jenis frente ia menggunakan konsep Al-WAD atau Unilateral Promise dan ia Telah disepakati keharusannya. Apa yang pasti, Majlis A shariah mereka telah meletakkan beberapa syarat dan bukannya secara bebas begitu sahaja. Justeru MELABUR MÓVAL (BEERTI ANDA MELABUR DAN KEMUDIAN TUNGGU UNTUNG SAHAJA) dan dalam institusi kewangan konvensional yang memperolehi untung melalui cara FOREX adalá tidak halal di sisi Islam. Ia adalah keputusan Painel Penasihat Shariah dunia yang bernaung di bawah nama Contabilidade e auditoria Organização para instituições islâmicas (AAOIFI). Antara painel penasihat Shariahnya adalá Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Prof. Dr. Syeikh Wahbah Zuhayli, Prof. Dr. Syeikh Siddiq Dharir, Syeikh Abdullah al-Mani, Dr. Abd Sattar Abu Ghuddah, Syeikh Dr. Nazih Hammad, Syeikh Dr. Hussain Hamid Hassan, Syeikh Nizam Yaquby, Dr. Mohd Daud Bakar, Syeikh Al-Ayashi al-Sadiq Faddad, Syeikh Dr. Ajil Nashmi dan ramai lagi. KEDUA. Hukum FOREX TRADING yang dijalankan sendiri - Bagi mengetahui hukum bagi bentuk kedua ini, Pertama-tamanya ia tertakluk kepada: - a - Terdapat unsur judi atau tidak apabila membeli dan menjual matawnag hanya kerana mengharap keuntungan dari perbezaaan nilainya. Bukan kerana digunapakai de negara matawang terbabit. Maka setah kajian perinci oleh JAKIM dan ISRA, mendapati unsur judi adalah wujud maka semua jenis forex trading adalah HARAM. B - Kesohihan dan kewibawaan plataforma de syarikat dari sudut lesennya dan pengenalannya. Ia diperlukan bagi mengelak e um ditipu oleh plataforma syarikat yang tidak sebenar. Butiran terperinci berkenaan plataforma ini mestilah diteliti dan boleh diperolehi. Jika tidak, transaksi e um adalah syubhat dari awal lagi keran terdapat unsur gharar. B - Jika plataforma tersebut punyai wibawa dan diminuir serta informação yang sangat mencukupi, perkara kedua adalah menilai akta-akata berkaiatan dengan aktiviti ini dari badan berwajib di Malaysia. Ini perlu bagi memastikan e um tidak terlibat dengan aktiviti menyalahi undang-undang Negara. Jika yang kedua juga lulus, saya kira transaksi jual matawang como dan simpan dan kemudian jual semula apabila harga tukarannya naik adala harus kerana ia segara automaknya dilaksanakan menurut kaedah lsquospot. Namun mari kita sama-sama cuba mehami dan menyemak bagaimana proses ini dilakukan secar ringkas dan melihat pandangan Islam tentangnya. Setakat apa yang ditherangkan oleh indivíduo yang terlibat dan yang tahu berkenaan cara forex trading memlali internet ini. Ia seperti berikut: - 1) Ia mempunyai modal mínimo. Sebagai contoh USD 1, USD 100 dan lain-lain, ia berbeza mengikut polisi syarikat forex trading masing-masing. 2) Dengan modal itu, plataforma do syarikat do pihak forex que negocía o akan do membukakan do akan do akun do akaun do akaun do ku do akaun. Seteah itu, pihak peserta akan menentukan samada untuk membuka kaunter jualan matawangnya di dalam akaun atau membuka kaunter belian. Gambaran mudahnya adalah: - Katalah modalnya USD 100 yang dibeli dengan tukaran semasa hari tersebut USD 1 RM 3,6, dan dibuka kaunter lsquoselling melalui plataforma syarikat tersebut. Sebagai contoh, pada esok harinya apabila dilakukan Analisa terhadap pegerakan Nilai matawang, didapati Nilai USD mengukuh berbanding Ringgit iaitu USD 1 RM 4 Tatkala itu, ia akan botão menekan jual USD 100 dan memperolehi RM 400. Ini bermakna ia telah beroleh keuntungan sebanyak RM 40 berbanding Harga belian asalnya tadi Pihak Syarikat FOREX ini MESTILAH Todos Cronometram memasukkan RM 400 itu sebaik sahaja transaksi jual beli dilakukan, Tidak DIBENARKAN DILEWATKAN Atau DIMASUKKAN SEBAHAGIAN Sahaja, jika dalam contoh di atas, hanya RM 40 dimasukkan, manakala baki modal sebanyak RM 360 hanya akan dimasukkan sejurus peserta menutup akaun pada Hari tersebut. Isu Shariah. Jika ini tidak berlaku, maka ia lulus dari sudut Shariah, namun jika kelewatan berlaku, isa Shariah di sini adalah berlaku penangguhan dalam penyerahan matawang ringgit. Ini menjadikan ia bercangah dengan arahan Nabi s. a.w: - Dalam menukar wang dengan wang, Nabi tela de meni e garis panduan yang mesti dipatuhi iaitu: Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran Antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia serentak secara dilakukan (serah terima dalam satu masa) (Riwayat muçulmano, nenhum 1586, 3/1209) Manakala pembelian secara Hutang dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah viu melarang dari menjual emas dan perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, nenhum 2070, 2/762) Imam An-Nawawi telah menyebut dengan Terang bahawa parágrafo ulama telah bersepakat wajibnya syarat serah terima dalam satu masa atau lsquoTaqabud samada secara hakiki (fizikal ) Atau hukmi (melali mediuam tetapi punyai bukti seperti resit atau nota elektronik yang menunjukkan transaski sah) (Syarah Sohih muçulmano) Cadangan. Mesti dipastikan, bahawa, semasa transkasi, jual, beli, dilakukan, kesemua, modal, dicampur, untung, dimasukkan di dalam, akaun, kita, tanga, sebarang, tangguh, dan secara automatik, juga, kita, boleh, mengeluarkan, wang, tersebut, tanga, sebarang, halangan. 3) Terdapat syarikat yang mensyaratkan mínimo modal yang tinggi seperti USD 1000 dan lain-lain jumlah. Untuk itu meroa menawarkan apa yang dinamakan alavancagem yangmana modal peserta akan digandakan. Sebagai contoh, katalah modal sebenar anda adalah USD 100. Maka anda dikehendaki memilih atau secara pilihan memlih gandaan yang dikehendaki. Seperti 1. 10 Termos e Condições e Política de Privacidade Termos e Condições Política de Privacidade Termos de Uso Política de Privacidade Termos de Uso Política de Privacidade Mapa do Site O uso de vários instrumentos financeiros ou de capital emprestado, como margem, para aumentar o retorno potencial de um investimento. A alavancagem pode ser criada através de opções, futuros, margens e outros instrumentos financeiros. Por exemplo, digamos que você tem 1.000 para investir. Este montante poderia ser investido em 10 ações da Microsoft, mas para aumentar a alavancagem, você poderia investir o 1.000 em cinco contratos de opções. Em seguida, você controlaria 500 ações em vez de apenas 10. (Rujukan) Jika benarlah apa yang saya gambarkan ini, transaksi forex menggunakan Alavanca ini adalah HARAM kerana ia dikira menjual matawang yang tidak di dalam milik anda. Milik sebenar e um hanyalah USD 100 tetapi yang dijual adalah 10.000. Ia berdasarkan apa yang disebut oleh Nabi s. a.w. Ertinya. Janganlah kamu menjual sesuatu yang tidak di dalam milikmu (Riwayat Abu Daud, nenhum 3504, 3/283) Malah saya juga hampir pasti, Wang Yang digandakan Oleh Syarikat itu dikira sebagai pemberian pinjaman dan sudah tentu mereka akan mengambil sedikit keuntungan samada diketahui atau tidak diketahui Oleer peserta. Jika ini berlaku, sekali lagi riba telah berlaku. Bagi mengelakkan perkara yang ditegah oleh Islã dari berlaku di sini, penggunaan alavanca 1: 1 sahaja yang dibenarkan. Wallahualam. 4) Diberitakan juga pihak Syarikat menasihatkan peserta agar menggunakan modalnya kurang dari 30 bagi mengurangkan risiko Semasa negociação dijalankan. Dan jika terdapat Masalah kemungkinan Rugi atau apa yang chamada de margem dinamakan, pihak peserta dibenarkan untuk membuka kaunter Satu lagi samada jual atau beli bagi menyeimbangkan kemungkinan Rugi. Pandangan. Wallahualam, jika semunya dilaksanakan dengan jelas dan perancangan yang betul. Setakat ini saya tidak Nampak adanya Masalah Shariah dalam tindakan ini KECUALI IA MEMPUNYAI ELEMN PERJUDIAN YANG Jelas kerana membeli Nilai matawang untuk dijual apabila nilainya naik sedangkan ia BUKAN KOMODITI. Wallahualam. Walaupun berniaga Sendiri forex dan memenuhi syarat ini adalah HARAM kerana sebab utamanya adalah JUDI, tambahan pula ia bukanlah sesuatu yang disukai Oleh polisi ekonomi di dalam Islam, pertamanya kerana menurut pandangan ekonomi dalam Islam, matawang adalah meio de dan troca sahaja ia bukanlah komoditi yang wajar Diniagakan bagi memperolehi untung dari perbezaan nilainya. Kita tahu Nilai matwang kini tidak lagi bersandarkan emas atau perak, wang Kertas hari ini (moeda fiduciária) tidak mempunyai Nilai tersendiri (seperti logam emas dan perak) kecuali nilainya datang dari pasaran yang mundial ditentukan demanda Oleh e fornecimento di pasaran dunia. Justeru, menjadikan cara ini bagi membro anak dan isteri makan bukanlah satu bentuk kerjaya e yang terpuji di dalam Islam. Malásia é um sistema sistemático e sistemático para o sistema de gestão de recursos humanos. Justeru, fikirkanlah. Jika anda tidak ingin menerima padnagan Saya, tidak mengapa tetapi bacalah pendapat ulama Besar kewangan Islam sedunia iaitu Syeikh Mufti Taqi Uthmani dalam hal ini: Forex Trading moeda por Mufti Mohammad Taqi Usmani de publicação: 11 de Zul Qadah 1424, 22 de novembro de 2007 Q.) Forex é Troca de moeda halal Eu anexei um documento detalhando os aspectos do negócio. A.) Eu passei pelos documentos enviados por você. Eu sou da opinião que estas transações não são conformes com Shariah. A condição muito que você não pode tomar a entrega da moeda comprada torna inadmissível. Além disso, existem outros elementos de acordo com o meu conhecimento que torna este comércio ilegal na Shariah, tais como, vendas a prazo, vendas a descoberto, etc Isso é além do fato de que as moedas são originalmente um meio de troca e só deve ser trocada por Uso pessoal em diferentes países. Para torná-los uma mercadoria negociável apenas para ganhar um lucro também é contra a filosofia básica da economia islâmica. Eu, portanto, não aconselhá-lo a entrar neste comércio. Sila Buka Sumber. Forex Trading Adakah e uma menga de siapa Syeikh Mufti Taqi Uthmani, sila buka di sini untuk mengenalinya. Zaharuddin Abd Rahman 28 Zulhijjah 1428 p / s. Semua pemain forex, nota de jawpaan saya inin adalah jawapan yang dipermudah agar ia boleh difahami orang awam. Jika terdapat kesilapan teknik carajual dan beli, boleh dimaklumakn kepada di ruangan komentar Informação kerana tentang tatacara di atas juga saya perolehi dari yang terlibat. Syaa tiada masa untuk membuat pembacaan kajian Sendiri di ketika ini. Sekian Adicione esta página aos seus sites favoritos de Social Bookmarking Mais.

No comments:

Post a Comment